Sabtu, 07 Maret 2009

TIPS NGE-BLOG LAKU

Dalam blogging, gue menganggap pembaca adalah raja. Jadi kepuasan pembaca itulah yang diutamakan.  

Nama Singkat dan Keren
Kalo mau buat blog, usahain alamatnya huruf semua. Jadi lebih gampang di ketik. Terus juga usahain jangan pake tanda '-' ato tanda yang macem-macem, nyusahin waktu diketik. Plih yang simple aja .
Kalo buat nama, usahain namanya yang keren ato unik. Soalnya jenis nama blog yang gue sebutkin tadi punya kemungkinan lebih banyak di klik saat orang melakukan blogwalking ke blog yang me-link blog kita. Nggak ngerti? Misalnya gini, gue lagi blog walking ke blog yang me-link blog kalian, terus di blogrollnya ada nama blog kalian, judul blog 'Bani Biasa Go!' memiliki kemungkinan lebih banyak diklik daripada 'Bani' saja.

Template Keren tapi Ringan
Emang agak susah sih kalo pilih2 template. Usahain templatenya keren tapi simpel. Dalam arti nggak banyak gambar yang memiliki bobot yang besar. Terus juga kalo bisa template tuh lain daripada yang lain (kalo bisa bikin template sendiri mending bikin sendiri ) biar gampang diinget.

Widget Seperlunya
Widget memang asik buat ngeramein, tapi bisa juga buat ngelambatin. Jadi mending pasang widget seperlunya aja. Misalnya yang biasanya banyak dipasang:
-Shoutbox
-Blogroll
Yang lainnya juga bisa dipasang tapi jangan banyak-banyak. Kalo bisa sih widget yang berupa tulisan kayak Recent Post, Recent Comments, blogroll dan Top Posts mending disatuin pake Tab Widget biar nggak berkepanjangan.

Posting Yang Enak
Kalo posting, sebaiknya bahasanya yang familiar dengan pembaca yang kita inginkan, misal kalo blog kita ditujukan buat umum, jadi bahasanya mending resmi. Kalo buat pribadi, ya bahasa gaul ajah 'gue 'n elu' .
Buat posting yang panjang, bisa pake 'read more'. Tapi jangan pake 'read more' yang buka halaman baru, mending pake 'read more' yang kayak di blog gue. Satu lagi, kalo buat posting mending pake emoticon, biar pembaca ga jenuh, tapi jgn terlalu banyak juga.

Jangan Pelit Komentar
Kalo nge-blog jangan pelit komentar ke orang. Jangan tunggu blog kita dikomentari, langsung aja kasih komentar ke temen2 sebanyak-banyaknya, soalnya blogger itu seneng kalo postingnya dikomentari. Terus kalo blog kita dikomentari negatif, jangan langsung balas negatif juga, ingat pembaca adalah raja.

Logo
Yah, buat logo yang simpel2 aja, sekalian buat banner.

Blogwalking
Blogwalking juga perlu dalam per-bloggingan. Kalo perlu, bisa aja kita buat daftar blog yang kita suka dan secara berkala kita komentari terus kalo ada posting baru. Tapi jangan lupa dibalas kalo ada yg blogwalking ke blog kita.  

Tukeran Link
Yang ini ampuh banget, sekalian tingkatin pagerank.

Up to Death, eh Date
Kalo buat posting jangan terlalu lama. Tapi jangan terlalu cepet juga, misalnya dalam sehari lima posting, kan jadinya nggak semuanya kebaca.

Udah ah, semoga berguna.

2 komentar:

kasih komentar ya!!