Minggu, 08 Maret 2009

KESURUPAN BELUM TENTU GARA-GARA SETAN

ketika seorang menjerit jerit, meronta, histeris dan mengeluarkan kata kata yg engak di mengerti, seringkali dianggap bahwa dia sedang kesurupan / kerasukan setan. terlepas dari anggapan mistisnya, sebenarnya ada penjelasan ilmiah dari perilaku yg sering diartikan kesurupan itu. secara sains, perilaku ini disebut trance. menurut biologyonline.org, trance terjadi ketika gerakan kita menjadi tak bisa dikendalikan dan kita gak sadar lingkungan sekeliling. T.K.Oesterrich, ilmuan  yg pertamakali menjelaskan istilah trance pada tahun 1892 menyatakan trance adalah keadaan individu kehilangan identitas disertai perubahan suara, kepribadian, penampilan yg dilakukan tanpa sadar. Dalam kasus kesurupan yg terjadi, trance disertai perilaku histeris.

APA YANG TERJADI DALAM OTAK KITA SAAT SEDANG TERJADI TRANCE ?

Otak kita mempunyai 3 area yg dihubungkan oleh sel-sel syaraf. Bagian pertama yg mengatur aktifitas fisik berkembang sejak masih bayi. Setelah berusia 6 bulan, muncul level ke 2 otak yg mengatur perasaan dan emosi. Lalu timbul bagian otak yg ketigayg mengatur cara berfikir. kalayu dalam keadaan trance, bagian otak yg berfungsi hanya emosi dan aktifitas fisik. cara berfikir kita ga ikut ambil baguan. jadi, kita bertindak tanpa berikir.

KENAPA ADA YANG BISA TERKENA TRANCE ?

Trance gak hanya terjadi dalam fenomena yg disebut kesurupan. ketika dugem dan musik yg diputer enak banget, kita bisa trance alias nge-dance dasyat tanpa kita sadari. Intinya, kalau pikiran kita kosong lalu terfokus pada sesustu kita bisa terkena trance.

KENAPA KESURUPAN BISA MENYERANG BANYAK ORANG ?

kalau ini fenomenanya disebut collective hysteria. ini biasanya bermula dari orang yang bersikap histeris (teriak, memukul, menendang) di depan orang lain dan akhirnya 'menularkan' perilaku itu ke orang lain. Fenomena ini gak hanya terjadi di kesurupan masal. ketika seseorang memukuli pencopetlalu di ikuti orang lain.

GIMANA SUPAYA KITA GAK IKUT-IKUTAN KESURUPAN ?

Jangan kita terlalu stres menghadapi suatu masalah. Carilah cara buat rileks dan gak usah malu curhat. Memendam masalah membuat kita makin tegang. Dan kalau ada teman kesurupan, jangan 'tergoda' buat ikutan !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kasih komentar ya!!