Minggu, 12 April 2009

TRANSAKSI INTERNET YANG AMAN


1. Koneksi Internet yang aman

Bagaimana Anda dapat mengetahui apakah koneksi internet itu aman?
Banyak situs menggunakan teknologi Secure Sockets Layer (SSL) untuk mengubah informasi bahasa mesin kartu kredit yang Anda kirim melalui internet. Situs ini biasanya menginformasikan kepada Anda bahwa mereka menggunakan teknologi ini. Atau, periksalah, jika alamat situs di halaman yang meminta informasi kartu kredit Anda dimulai dengan ”https:” daripada ”http:”; artinya teknologi ini digunakan.

Teknologi pengamanan yang berbeda, yang bekerja dengan prinsip berbeda, adalah Secure Electronic Transaction, atau teknologi SET. Teknologi SET atau SSL dirancang untuk membuat koneksi Anda aman.




Cara lain untuk menentukan apakah sebuah situs menggunakan software pengaman:

  • Browser Anda menampilkan icon sebuah gembok kunci di bawah layar (Netscape Navigator Versi 4.0 atau lebih)
  • Anda melihat icon kunci di bawah layar (versi terdahulu dari Netscape Navigator)
  • Anda melihat icon sebuah kunci di status bar (Microsoft Internet Explorer)

2. Pilihan Telepon
Apakah Anda lebih suka memberikan informasi kartu kredit Anda melalui telepon?
Banyak pedagang situs mengijinkan Anda memesan secara online dan memberikan informasi kartu kredit melalui telepon. Jika Anda lebih nyaman dengan pilihan ini, buatlah catatan nomor telepon tersebut, perusahaan, tanggal serta waktu Anda menelepon, dan nama dari orang yang mencatat nomor kartu kredit Anda.


Anda sebaiknya memberikan password dan nomor kartu kredit Anda hanya pada situs yang menyediakan koneksi pengaman, bukan di e-mail biasa. ”Pencuri identitas.” di mana seseorang mendapatkan akses ke rekening bank Anda atau mendapatkan kartu kredit atau pinjaman dengan menggunakan nama Anda, adalah masalah yang sedang berkembang, dan Anda harus berhati-hati untuk menjaga informasi pribadi yang akan membuat seorang pencuri menyamar menjadi Anda.


3. Password
Apakah Anda menggunakan password yang berbeda?
Jika Anda menggunakan password untuk mengunci jaringan atau komputer Anda, gunakan password yang berbeda untuk pemesanan. Beberapa situs mungkin meminta Anda untuk membuat password untuk pesanan masa depan. Anda mungkin ingin membuat password khusus untuk situs tertentu, seperti situs perbankan Anda.


Bagaimana cara memilih password Anda?
Password terbaik bukanlah alamat, tanggal lahir, nomor telepon Anda, atau kata-kata yang mudah dikenali. Pilihlah paling sedikit lima huruf, angka, dan tanda baca. Salah satu cara termudah untuk membuat sebuah password yang mudah diingat adalah mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam sebuah lirik lagu, dan menambahkan beberapa angka serta tanda baca. Contohnya, “tamcsk!6” diambil dari frase “Ternyata Aku Makin Cinta Sama Kamu.”


Bagaimana cara menulis password Anda?
Jangan menulis password apa pun dekat komputer Anda di mana seseorang dapat melihatnya. Jika Anda menulisnya di suatu tempat, baliklah urutan huruf atau ubahlah beberapa huruf atau angka. Dengan demikian, orang yang menemukannya tidak akan mendapatkan password yang sebenarnya.


Siapa yang ingin mengetahui password Anda atau informasi lainnya
Berhati-hatilah dalam menjawab e-mail, telepon, fax, atau surat dari siapa pun yang meminta password Anda, tanggal lahir, rekening bank, nomor kartu kredit, nama gadis ibu Anda, atau informasi pribadi lainnya. Untuk memeriksa bahwa orang yang menghubungi Anda benar-benar bekerja pada penjual, telepon dan minta untuk berbicara dengan orang itu secara langsung. Kecuali password dan nomor kartu kredit, Anda jangan sampai memberikan informasi lain untuk memesan secara online.


Anda sebaiknya memberikan password dan nomor kartu kredit Anda hanya pada situs yang menyediakan koneksi pengaman, bukan di e-mail biasa. ”Pencuri identitas.” di mana seseorang mendapatkan akses ke rekening bank Anda atau mendapatkan kartu kredit atau pinjaman dengan menggunakan nama Anda, adalah masalah yang sedang berkembang, dan Anda harus berhati-hati untuk menjaga informasi pribadi yang akan membuat seorang pencuri menyamar menjadi Anda.


4. Virus
Bagaimana Anda bisa menghindari virus?
 
Jika Anda menerima pesan komersial yang tidak diminta, Anda jangan membuka dokumen apa pun yang filenya berakhiran ”.exe.” Mengklik file seperti itu akan mengaktifkan virus komputer yang mungkin akan mempengaruhi jalannya komputer Anda dan/atau merusak informasi yang tersimpan dalam komputer. Anda juga dapat melindungi diri terhadap virus-virus yang dibawa oleh e-mail atau oleh file komputer yang Anda terima dari disket, dengan membeli atau menginstall program antivirus.



sumber : http://gadgetfestival.blogspot.com/






2 komentar:

  1. haloo...
    permisi pak, numpang promo nih ^^!
    salam kenal dari Bali.

    BalasHapus
  2. transaksi lewat internet tentu ada plus minusnya.

    BalasHapus

kasih komentar ya!!