Jumat, 10 April 2009

KALAU HP KITA TERENDAM AIR

Kali ini saya akan berbagi trik memperbaiki hp terendam air, sebetulnya trik ini juga berlaku untuk semua jenis perangkat elektronik yang lain bukan hanya hp, disini HP cuman sebagai salah satu contoh.


Pertama sekali adalah langsung lepaskan batere HP. Ini tindakan pertama yang sangat penting, jangan pernah mencoba menyalakan HP yng baru kena air, akibatnya bisa fatal.

Yang ke dua buka casingnya, lepaskan komponen dalamnya termasuk pcb nya.

Yang ketiga keringkan dengan cara dijemur atau menggunakan pemanas seperti hairdryer

Untuk kasus air tawar, 3 cara diatas biasanya sudah cukup. Lain halnya kalau yang terkena adalah air yang banyak mengandung mineral lain, contoh air laut, atau air kencing binatang, tikus misalnya.

Untuk kasus  HP terkena air dengan kandungan mineral tinggi, ada beberapa hal tambahan yang mesti dilakukan, selain 3 hal diatas.

Setelah semua komponen dilepas, kandungan mineral yang menempel di pcb harus dihilangkan, caranya bermacam, salah satunya adalah dicuci menggunakan air campuran detergen cucian. Setelah selesai jemur sampai kering bisa juga dibantu dengan hairdryer, dan diamkan sekita 1-2 hari. Pendiaman ini dimaksudkan untuk memastikan kandungan air dan mineral telah benar-benar hilang.

Selain menggunakan air campuran detergen pencuci, bisa juga  menggunakan contact cleaner, air suling (tersedia diapotik), dll.

Intinya semua cairan yang berfungsi sebagai demineralisasi (penghilang kandungan mineral) bisa digunakan.

Demikian tips, semoga bermanfaat


sumber : http://bangerwin.multiply.com/journal/item/6



3 komentar:

  1. Nice info frenz..
    keep sharing :)

    BalasHapus
  2. kalau hp nya terendam ama kuah Indomie, gmna..???

    BalasHapus
  3. kalo kerendem trus ga sempet di bika n dikeringin misal pas banjir kan kerendam tau-tau pas surut dah ga bisa dinyalain gimana tuh boz

    BalasHapus

kasih komentar ya!!